Minggu, 25 Feb 2024
  • SDIT Thariq Bin Ziyad Membangun Pribadi Shaleh dan Cerdas
TUTUP MENU

Kamu Suka Jamur Crispy ? Yuk, Kita Menanam Jamur Bareng SDIT TBZ Pondok Hijau Permai

Bekasi(14/04/2023)- Siapa yang suka Jamur Crispy ? Ya, pasti kebanyakan Sahabat Thariq suka dengan cemilan ini. Selain teksturnya yang renyah, jamur crispy juga dapat diberikan aneka macam bumbu sehingga menghasilkan rasa gurih, asin, dan seringkali juga memiliki rasa pedas karena ditambahkan bubuk cabai.

Jamur yang memiliki nama latin Fungus atau Fungi adalah kerajaan dari sekelompok besar makhluk hidup eukariotik  heterotrof yang mencerna makanannya di luar tubuh lalu menyerap molekul nutrisi ke dalam sel-selnya. Jamur pada mulanya dikelompokkan kedalam kerajaan tumbuhan karena kemiripan sifatnya dengan tumbuhan. Sifat jamur yang mirip tumbuhan yaitu tidak dapat berpindah tempat, kebanyakan hidup ditanah, serta membentuk tubuh buah. Setelah berkembangnya metode molekuler, Fungi masuk kedalam kerajaan tersendiri dengan keunikan ciri yang dimilikinya serta berbeda dari hewan dan tumbuhan.

Untuk memberikan pengetahuan serta pemahaman pada peserta didik tentang jamur ini, SDIT TBZ PHP melakukan praktek langsung yaitu menanam Jamur Tiram yang diikuti oleh peserta didik kelas 5 yang berjumlah 97 orang. Praktek menanam jamur ini dibimbing langsung oleh guru SDIT TBZ PHP yaitu ust Muhammad Halim, S.Biotek. Beberapa tahapan dilakukan dalam memulai praktek menanam jamur yaitu :

  1. Peserta didik dibagi perkelompok untuk melakukan praktek menanam jamur
  2. Guru menjelaskan detail cara bertanam jamur dan memberikan media tumbuh jamur yaitu serbuk kayu, kemudian siswa menyusunnya di rak khusus untuk tempat pertumbuhan jamur.
  3. Setiap kelompok dibagi piket utk melakukan penyemprotan enzim pd serbuk kayu agar tetap lembab dan jamur bisa segera tumbuh.
  4. Dalam waktu 2-3 pekan jamur mulai tumbuh, dan setiap kelompok bergantian memanen jamur
  5. Hasil panen jamur kemudian diolah oleh siswa menjadi jamur crispy
  6. Panen jamur terus berlangsung setelah lebih dr 6 pekan, dan hasilnya dijual dalam bentuk mentah kepada guru dan orangtua siswa.

Peserta didik kelas 5 SDIT TBZ PHP terlihat sangat antusias dalam mengikuti praktek menanam jamur ini. Hal ini terlihat sejak awal pembagian kelompok, membagi tugas dalam penyemprotan enzim, memananen jamur, hingga mengolah jamur menjadi cemilan jamur crispy. Ini semua tentu merupakan pengalaman yang baru bagi mereka.

Baca juga : Alhamdulillah ! Peserta Didik SDIT TBZ Pondok Hijau Permai (PHP) Borong Tiga Gelar Juara Pada Pentas PAI Kecamatan Rawalumbu.

Baca juga : Rihlah Ilmiah SDIT Thariq Bin Ziyad : Peduli Kepada Makhluk Allah Dan Alam Sekitar Sebagai Bukti Cinta Kepada Al-Qur’an.

Barakallah guru pembimbing dan siswa/siswi SDIT TBZ PHP. Mudah-mudahan praktek menanam jamur ini dapat menjadi ilmu bagi anak-anak serta menjadikan mereka generasi muslim yang kreatif, inovatif, dan lebih mengenal makhluk hidup ciptaan Allah SWT. (fr)

Sumber : Tim Guru SDIT TBZ Pondok Hijau Permai

Simak video : Cara Budidaya Jamur Tiram Untuk Pemula

KELUAR