Minggu, 25 Feb 2024
  • SDIT Thariq Bin Ziyad Membangun Pribadi Shaleh dan Cerdas
TUTUP MENU

Rihlah Ilmiah SDIT Thariq Bin Ziyad : Peduli Kepada Makhluk Allah Dan Alam Sekitar Sebagai Bukti Cinta Kepada Al-Qur’an.

Bekasi(22/02/2023)- Dua unit saudara kembar yaitu SDIT TBZ Pondok Hijau Permai dan SDIT TBZ Jatimulya kompak mengadakan program Rihlah Ilmiah bagi peserta didiknya kelas 1 dan 2 pada hari Selasa(14/02). SDIT TBZ Jatimulya mengadakan rihlah ilmiah ke Taman Buah Mekarsari, Bogor sedangkan SDIT TBZ PHP mengadakan rihlah ilmiah ke Sentul Fresh, Bogor. Kedua kegiatan ini diadakan sebagai bagian dari upaya SDIT TBZ untuk memupuk kasih sayang peserta didik kepada makhluk ciptaan Allah yaitu Hewan dan tumbuhan serta alam sekitar.

Dengan kepedulian terhadap makhluk ciptaan Allah dan alam sekitar membuktikan bahwa peserta didik SDIT TBZ disamping sebagai pribadi muslim yang baik dan dekat dengan Al-Qur’an, mereka juga mengamalkan perintah Allah untuk menjaga alam serta peduli kepada hewan dan tumbuhan. Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-A’raf : 56

وَلَا تُفْسِدُوا۟ فِى ٱلْأَرْضِ بَعْدَ إِصْلَٰحِهَا وَٱدْعُوهُ خَوْفًا وَطَمَعًا ۚ إِنَّ رَحْمَتَ ٱللَّهِ قَرِيبٌ مِّنَ ٱلْمُحْسِنِينَ

Artinya :

Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.

Jalannya Kegiatan Rihlah Ilmiah

Kegiatan Rihlah ilmiah untuk kelas 1 dan 2 diawali dengan pemberangkatan dari lokasi masing-masing. Rombongan SDIT TBZ PHP berangkat dari depan gerbang sekolah, sedangkan SDIT TBZ Jatimulya memulai keberangkatan dari Masjid Raya Jatimulya. Keduanya berangkat dengan menggunakan bus, namun dengan lokasi tujuan dan perusahaan bus yang berbeda.

Setelah sampai dilokasi, peserta didik SDIT TBZ melakukan berbagai aktivitas diantaranya yaitu berkunjung ke kandang sapi perah, memberi makan ikan, memberi makan kelinci dan burung, menghias topi caping, menanam pohon cabe, serta berbagai kegiatan seru lainnya. Bahkan diantara peserta didik ada yang mencoba untuk memerah susu langsung dari sapi perah.

Baca juga : Rihlah Ilmiah SDIT TBZ JTM 2022: Tumbuhkan Rasa Sayang Dan Empati Kepada Lingkungan

Baca juga : Winter Educational Trip LPIT TBZ : Jalin Persahabatan Dengan Lembaga Pendidikan Internasional.

Dari raut wajah peserta didik SDIT TBZ yang masih berusia belia terlihat mereka sangat menikmati perjalanan serta kegiatan ini. Sebagai oleh-oleh, masing-masing peserta didik mendapatkan buah-buahan, bibit pohon cabe, serta anak ayam yang nantinya akan coba mereka rawat hingga besar.

Barakallah kepada SDIT TBZ Jatimulya dan SDIT TBZ PHP yang telah selesai melaksanakan program rihlah Ilmiah bagi kelas 1 dan 2. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini semakin meningkatkan kepedulian peserta didik kepada alam sekitar serta makhluk ciptaan Allah yaitu Hewan dan tumbuhan.(fr)

Simak video : Rihlah SDIT TBZ PHP

Simak video : Rihlah SDIT TBZ 2023 (JTM dan PHP)

KELUAR