Minggu, 25 Feb 2024
  • SDIT Thariq Bin Ziyad Membangun Pribadi Shaleh dan Cerdas
TUTUP MENU

Proyek Pelajar Pancasila SDIT TBZ PHP : Kelola Sampah Organik, Daur Ulang Sampah Plastik, Untuk Bumi Yang Lebih Baik.

Bekasi(31/05/2023)- SDIT Thariq Bin Ziyad Pondok Hijau Permai terus berupaya untuk menanamkan Profil Pelajar Pancasila kepada peserta didiknya. Karakter Pelajar Pancasila merupakan target yang diinginkan bagi seluruh peserta didik dalam kurikulum Merdeka yang dicanangkan oleh Pemerintah. Profil pelajar pancasila yaitu Beriman kepada Tuhan dan berakhlak mulia, Berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Salah satu program yang dilakukan oleh SDIT TBZ PHP dalam menumbuhkan profil Pelajar Pancasila bagi peserta didiknya yaitu proyek mengelola sampah organik dan daur ulang sampah plastik. Proyek ini secara langsung melibatkan peserta didik kelas 1 (satu) dan 4 (empat). Kelas 1 di fokuskan untuk mengelola sampah organik sedangkan kelas 4 di fokuskan untuk mendaur ulang sampah plastik menjadi berbagai barang yang memiliki nilai manfaat.

Berdasarkan keterangan dari guru pembimbing, peserta didik kelas 1 membuat pupuk kompos dengan bahan dasar adalah sampah organik. Sedangkan peserta didik kelas 4 membuat aneka kerajinan tangan yang berbahan dasar botol plastik bekas minuman. Beberapa produk kerajinan tangan yang dihasilkan yaitu : Tempat pensil, vas bunga, tempat tisu, hiasan dinding, serta berbagai produk lainnya.

Bahan dasar botol bekas yang digunakan peserta didik untuk membuat berbagai kerajinan tangan diperoleh dari kotak sedekah botol yang sengaja dibuat oleh pihak sekolah untuk memisahkan sampah botol dengan sampah organik.

Baca juga : Kamu Suka Jamur Crispy ? Yuk, Kita Menanam Jamur Bareng SDIT TBZ Pondok Hijau Permai

Barakallah bagi guru pembimbing dan seluruh peserta didik SDIT TBZ PHP. Mudah-mudahan proyek ini dapat terus dilaksanakan dengan berkesinambungan. Selain meningkatkan kreatifitas, program ini juga mendidik anak-anak untuk peduli dengan lingkungan sekitar. Dengan membatasi penggunaan plastik, mendaur ulangnya, serta mengelola sampah organik menjadi pupuk kompos akan menjadikan bumi lebih baik. Insya Allah. (fr)

Simak Video : Proyek Pelajar Pancasila SDIT TBZ Pondok Hijau Permai

KELUAR