Minggu, 25 Feb 2024
  • SDIT Thariq Bin Ziyad Membangun Pribadi Shaleh dan Cerdas
TUTUP MENU

BREAKING NEWS ! Gunung Api Erupsi, Memuntahkan Material Vulkanik.

Bekasi(2/08/2023)- Sahabat Thariq sudah tahu baru-baru ini ada gunung api erupsi dan memuntahkan material ? eits tapi tunggu dulu ya, Ini bukan kejadian sebenarnya melainkan replika yang sedang dilakukan oleh peserta didik SDIT TBZ Pondok Hijau Permai (PHP).

Peristiwa gunung erupsi dan memuntahkan material vulkanik adalah kejadian alam yang seringkali dijumpai di Indonesia. Terlebih lagi dengan posisi Indonesia yang berada dalam cincin api pasifik sehingga sering disebut dengan Ring Of Fire. Bagaimana dan apa penyebab erupsinya gunung api ? Proses inilah yang dipelajari oleh peserta didik SDIT TBZ Pondok Hijau Permai dalam kegiatan ekstrakurikuler (ekskur) science pada hari Jum’at (28/07/2023). Dalam kegiatan ekskur kali ini, Ustzh Wening Pratiwi, S.TP, S.Pd dan Ust Satria, S.Pd selaku pembimbing mengajak peserta didik untuk membuat replika kejadian gunung erupsi dengan menggunakan alat dan bahan sederhana.

Beberapa alat dan bahan yang diperlukan dalam membuat replika gunung erupsi yaitu kertas minyak, cuka, soda kue, botol aqua, pewarna merah, nampan. Sebelum melakukan percobaan ini, peserta didik terlebih dahulu melihat video singkat untuk mendapatkan gambaran cara melakukan percobaan replika erupsi gunung api.

Baca juga : Proyek Pelajar Pancasila SDIT TBZ PHP : Kelola Sampah Organik, Daur Ulang Sampah Plastik, Untuk Bumi Yang Lebih Baik.

Baca juga : Marketday SDIT TBZ PHP : Latihan Berdagang, Agar Menjadi Entrepreneur Handal Di Masa Yang Akan Datang.

Peserta didik yang mengikuti ekskur scince terlihat antusias dan senang melakukan percobaan replika erupsi gunung api ini. Hal ini menjadi pengetahuan dan pengalaman yang baru bagi mereka. Mudah-mudahan dengan mengikuti berbagai percobaan science sejak usia dini dapat memotivasi ananda untuk menjadi ilmuwan di masa depan. (fr)

Simak video : Membuat Replika Gunung Api Erupsi

KELUAR